Akidah Akhlak Kelas 7 Pertemuan 1

BAB. 1. AKIDAH AKHLAK


1. Pengertian Akidah Islam
Secara bahasa akidah berasal dari kata   yang berarti ikatan, atau perjanjian. 
Menurut istilah, aqidah adalah suatu pokok atau dasar keyakinan yang harus dipegang oleh orang yang mempercayainya. Sehingga ada istilah akidah Islam, akidah Nasrani, akidah Yahudi, dan lainnya. Maka, Akidah Islam (al-akidah al-Islamiyah) bisa diartikan sebagai pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap orang yang beragama Islam (muslim). 

2. Dasar-Dasar Akidah Islam
Dasar hukum aqidah Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sabda Rasulullah SAW :
 
Artinya : “ Telah kutinggalkan kepadamu dua perkara jika kamu berpegang teguh kepada keduanya kamu tidak akan tersesat selama-lamanya,yakni Kitabullah (Al Quran) dan sunnah Rasulullah”. (Al-Hadits)

a. Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah firman Allah Swt. yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw. dengan perantara malaikat Jibril. Melalui al-Qur’an inilah Allah Swt. menuangkan firman-firmanNya berkenaan dengan konsep akidah yang benar yang harus diyakini dan dijalani secara mutlak dan tidak boleh ditawar oleh semua umat Islam. 
Di dalam al-Qur’an banyak terdapat ayat-ayat yang berisi tentang tauhid, diantaranya adalah QS. An-Nisa’:136 sebagai berikut :
 
Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitabNya, rasul-rasul-Nya, dan hari Kemudian, Maka  sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya”.(QS. An-Nisa’:136) 

b. Al-Hadis
Hadits ialah segala ucapan , perbuatan, dan takrir (sikap diam) Nabi Muhammad Saw. Hadits dijadikan dasar hukum kedua setelah Al-Qur’an, dikarenakan :
1. Semua yang disandarkan kepada Nabi Saw. adalah wahyu dari Allah, bukan sekedar memperturutkan nafsu saja. (lih.QS.An-Najm : 3-4)
2. Allah Swt. telah memberi petunjuk kepada manusia, agar mengikuti kebenaran yang disampaikan Rasulullah Saw 
3. Banyak hadits yang menjelaskan maksud beberapa ayat Al-Qur’an yang masih bersifat global (umum), termasuk masalah akidah Islam. 

===========================
Unduh file PDF materi ini dengan klik link berikut : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak selama Covid-19

Akidah AKhlak Kelas 7 Pertemuan ke-15 Keteladanan Nabi Sulaiman